Komoditas Barang Impor Indonesia dan Asalnya

Komditas Barang Impor Indonesia dan Asalnya

Dalam konteks kegiatan ekonomi global, Indonesia memainkan peran penting sebagai negara yang tidak hanya aktif dalam ekspor tetapi juga sebagai pengimpor berbagai komoditas. Melalui rangkuman berbagai sumber, kami akan membahas secara mendalam 10 komoditas utama barang impor Indonesia dan negara asalnya.

1. Plastik dan Produk Berbahan Plastik

Indonesia menjadi pengimpor plastik terutama untuk produk makanan dan minuman, sebagian besar berasal dari Tiongkok. Bahan baku plastik juga diimpor dari negara ASEAN seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Singapura.

2. Mesin dan Peralatan Mekanik

Impor mesin dan peralatan mekanik di Indonesia melibatkan berbagai jenis, dengan pemasok utama dari negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, Thailand, Tiongkok, dan Malaysia.

3. Peralatan Elektronik

Peralatan elektronik, seperti smartphone, komputer, AC, dan mesin cuci, banyak diimpor dari Tiongkok. Namun, Jepang dan Korea Selatan juga menjadi kontributor signifikan.

4. Kendaraan dan Suku Cadang

Kendaraan, terutama mobil dan sepeda motor, merupakan komoditas impor yang signifikan. Mayoritas berasal dari negara-negara Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, India, serta negara Eropa seperti Jerman, Inggris, dan Italia.

5. Serealia

Serealia, termasuk gandum, sorgum, dan jagung, diimpor dari negara-negara seperti Australia, Argentina, Kanada, Brasil, dan Amerika Serikat untuk diolah sebagai bahan baku makanan dan pakan ternak.

Baca Juga: Barang Impor yang Lagi Trend di 2023

6. Produk Fashion

Produk fesyen, termasuk pakaian, tas, sepatu, dan perhiasan, didominasi oleh impor dari Tiongkok. Negara lain seperti Brasil, Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, Thailand, dan Vietnam juga berkontribusi.

7. Produk Kimia

Impor produk kimia, baik barang jadi maupun bahan mentah, melibatkan sabun, pembersih lantai, pemutih pakaian, dan insektisida. Sumber impor utama termasuk berbagai negara.

Baca Juga:  Ekspor Arang Briket Indonesia: Peluang Besar di Pasar Global

8. Ampas dan Sisa Makanan

Ampas dan sisa makanan, seperti bungkil kedelai, diimpor dari Argentina dan Amerika Serikat untuk diolah menjadi pakan ternak, meningkatkan efisiensi biaya produksi.

9. Alat Medis

Alat medis banyak diimpor dari Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura, meskipun industri lokal semakin berkembang.

10. Alat Optik, Fotografi, dan Sinematografi

Alat optik, fotografi, dan sinematografi diimpor dari berbagai negara seperti Tiongkok, Jepang, dan Amerika Serikat, memperkaya ragam produk di pasar dalam negeri.

Dengan pemahaman mendalam ini, diharapkan artikel ini menjadi rujukan utama untuk yang mencari informasi komprehensif tentang komoditas barang impor Indonesia dan asalnya.

Untuk informasi tentang Bea Cukai Indonesia silahkan kunjungi website bea cukai disini.

Kumpulan konsultasi bea cukai disini.

Topik: ekspor, impor, barang impor, komoditas impor, impor Indonesia, negara asal, plastik, peralatan mekanik, peralatan elektronik, kendaraan, serealia, produk fesyen, produk kimia, ampas makanan, alat medis, alat optik, fotografi, sinematografi

Scroll to Top