Cara Melacak Barang Kiriman dari Luar Negeri di Web Bea Cukai : Panduan Lengkap

Cara Melacak Barang Kiriman dari Luar Negeri di Web Bea Cukai

Cara Melacak Barang Kiriman – Dalam era perdagangan global seperti saat ini, semakin banyak orang yang melakukan pembelian barang dari luar negeri melalui berbagai platform e-commerce. Namun, seringkali para pembeli menghadapi kesulitan dalam mengikuti perjalanan kiriman barang tersebut. Untungnya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menyediakan layanan pelacakan barang kiriman dari luar negeri melalui situs web resminya.

Mengapa Pelacakan Barang Penting?

Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, penting untuk memahami mengapa pelacakan barang kiriman itu penting. Dengan melakukan pelacakan, Anda dapat:

  • Mengetahui status terkini barang kiriman Anda, apakah sudah dikirim, sedang dalam perjalanan, atau sudah sampai.
  • Memantau perjalanan barang untuk memastikan keamanan dan keberhasilan pengirimannya.
  • Mendapatkan perkiraan waktu kedatangan barang kiriman sehingga Anda bisa lebih siap menerima pengiriman tersebut.

Baca Juga:

Langkah-langkah Melacak Barang Kiriman dari Luar Negeri di Situs Web Bea Cukai

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melacak barang kiriman dari luar negeri menggunakan situs web DJBC:

1. Buka Situs Web Resmi Bea Cukai

Pertama-tama, buka browser web Anda dan akses situs web resmi DJBC di https://www.beacukai.go.id. Pastikan Anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil untuk memastikan akses yang lancar.

2. Pilih Menu “Pelacakan Barang Kiriman”

Setelah berhasil masuk ke situs web DJBC, cari dan pilih menu yang bertuliskan “Pelacakan Barang Kiriman” atau sering juga disebut “Tracking” atau “Trace & Track” atau bisa lansgung ke https://www.beacukai.go.id/barangkiriman. Biasanya menu ini dapat ditemukan di bagian atas atau samping halaman utama situs.

3. Masukkan Nomor Resi atau Nomor Pelacakan

Setelah memilih menu “Pelacakan Barang Kiriman”, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor resi atau nomor pelacakan yang Anda miliki. Nomor resi ini biasanya diberikan oleh penyedia layanan pengiriman atau penjual saat Anda melakukan pembelian barang.

Baca Juga:  Penelitian Ulang dalam Kepabeanan: Telaah Mendalam PMK 78/2023

4. Klik Tombol “Cari” atau “Lacak”

Setelah memasukkan nomor resi, klik tombol yang sesuai seperti “Cari” atau “Lacak” untuk memulai proses pelacakan. Tunggu beberapa saat hingga sistem memuat informasi terkait status barang kiriman Anda.

5. Pantau Status dan Perkembangan Barang Kiriman

Setelah melakukan pencarian, situs web DJBC akan menampilkan informasi terkait status dan perkembangan barang kiriman Anda. Anda akan dapat melihat informasi seperti posisi terakhir barang, estimasi waktu kedatangan, serta detail perjalanan barang secara lengkap.

Kesimpulan

Melacak barang kiriman dari luar negeri melalui situs web DJBC adalah langkah yang sangat penting untuk memastikan keamanan dan keberhasilan pengiriman. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah memantau perjalanan barang kiriman Anda secara online dan menghindari kekhawatiran terkait status pengiriman.

Demikian pembahasan Cara Melacak Barang Kiriman dari Luar Negeri di Web Bea Cukai. Untuk informasi tentang Bea Cukai Indonesia silahkan kunjungi website bea cukai disini.

Kumpulan konsultasi bea cukai disini.

Topik: Cara Melacak Barang Kiriman, Pelacakan Barang Kiriman, Situs Web DJBC, DJBC, Bea dan Cukai, Pengiriman Luar Negeri, E-commerce, Tutorial, Panduan, Perdagangan Global

Scroll to Top