Berhati-Hati Terhadap Penawaran Jasa Pendaftaran dan Unlock IMEI

Berhati-Hati Terhadap Penawaran Jasa Pendaftaran dan Unlock IMEI

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati terhadap tawaran jasa pendaftaran nomor IMEI atau unlock IMEI yang banyak ditemui lewat iklan di media sosial. Sasarannya biasanya adalah pemilik gadget bekas yang dibeli dari luar negeri atau ex-inter.

Kenapa Harus Berhati-Hati?

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menjelaskan bahwa pendaftaran IMEI hanya bisa dilakukan atas gadget, seperti ponsel, yang dibeli di luar negeri sebagai barang bawaan penumpang atau dikirim sebagai barang kiriman dari luar negeri. Oleh karena itu, gawai yang baru dibeli di Indonesia seperti produk iPhone ex-inter tidak bisa didaftarkan IMEI-nya melalui Bea Cukai.

Risiko Terkait Penawaran Jasa Unlock IMEI

Saat mencari jasa unlock IMEI, masyarakat perlu menyadari beberapa risiko yang mungkin terjadi:

  1. Penipuan Identitas: Beberapa penipu mungkin menggunakan informasi pribadi atau mengambil alih perangkat Anda secara ilegal selama proses unlock IMEI.
  2. Kerusakan Perangkat: Penggunaan layanan unlock IMEI yang tidak resmi atau tidak berkualitas dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat Anda, bahkan mungkin merusaknya secara permanen.
  3. Pembatasan Garansi: Menggunakan jasa unlock IMEI yang tidak disetujui oleh produsen dapat mengakibatkan kehilangan garansi resmi perangkat Anda.

Baca Juga: Registrasi IMEI di Kantor Bea Cukai & Persyaratan dan Proses

Langkah Aman dalam Pendaftaran IMEI

Namun, jika masyarakat membeli iPhone secara mandiri di luar negeri dan membawanya ke Indonesia, pendaftaran IMEI bisa dilakukan melalui laman beacukai.go.id atau aplikasi Mobile Beacukai saat tiba di Indonesia. Setelah formulir pendaftaran diisi, pemilik ponsel akan mendapatkan QR Code pendaftaran yang bisa ditunjukkan kepada petugas Bea Cukai saat kedatangan di Indonesia. Dokumen lain yang perlu ditunjukkan adalah paspor, boarding pass, dan invoice pembelian gawai.

Kesimpulan

Menggunakan jasa unlock IMEI bisa menjadi pilihan yang bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas perangkat Anda, tetapi perlu dilakukan dengan hati-hati. Dengan memperhatikan risiko yang terkait, Anda dapat menghindari penipuan dan memastikan bahwa perangkat Anda aman dan berfungsi dengan baik. Selalu berhati-hati dan teliti sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan unlock IMEI.

Baca Juga:  Pengertian Pemberitahuan Pabean: Ketentuan dan Tata Cara Penyampaian

Untuk informasi tentang Bea Cukai Indonesia silahkan kunjungi website bea cukai disini.

Kumpulan konsultasi bea cukai disini.

Topik: IMEI, unlock IMEI, pendaftaran IMEI, penipuan, DJBC, Bea Cukai, iPhone, keamanan perangkat

Scroll to Top